KEARIFAN LOKAL

“Menuju DAD Yang Modern Dan Mandiri Dengan Spirit Kearifan Lokal Dalam Bingkai NKRI" : Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata"(Adil Terhadap Sesama, Hidup Baik Pada Jalan Kebenaran, Taat Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa)

Selasa, 17 Juli 2018

PERAYAAN HUT KE - 10 DAD PROV. KALTENG MERIAH DAN KHIDMAT

Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu 16/8/2017 mengadakan acara syukuran yang ke-10 acara tersebut di laksanakan di Aula Betang Eka Tingang Nganderang.
Kiprah Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah, selama sepuluh tahun ini sangat luar biasa. Dengan usia organisasi yang masih muda tetapi kiprahnya sudah sangat luar biasa untuk mencapai visi dan misi kesejahteraan masyarakat Kalteng terutama masyarakat adat dayak untuk lebih bisa mencapai kesejahteraannya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran meminta agar, DAD Kalteng terus berperan aktif untuk membantu pemerintah daerah menjalankan visi dan misi mewujudkan Kalteng Berkah. “Membantu untuk lencaran penyelenggaraan pemerintahan dan kelangsungan pembangunan serta meningkatkan ketahanan nasional dalam bingkai NKRI,” ucapnya
Ketua Panitia HUT DAD Kalteng Ke-10, Leonard S Ampung, melalui organisasi dewan adat dayak kita berharap semua aspirasi dari masyarakat adat dayak yang ada di kalimantan tengah dapat diwujudkan. “Dewan adat dayak merupakan milik masyarakat dayak dan semua masyarakat Kalimantan Tengah, dan kami tidak mengunakan anggaran daerah lagi, DAD sejak Januari 2017 mandiri semenjak di Pimpin oleh Agustiar Sabran," ungkapnya kepada wartawan usai acara.



Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam merayakan ulang tahun. Lembaga adat ini menggelar pesta rakyat yang berlangsung tiga hari (24-26/8/2017).
Di antaranya gelaran lomba olahraga dan tradisional Dayak. Antar lain lomba panjat pinang, Manyumpit, Lawang Sekepeng/Kuntau, Bagasing, Balogo, dan catur. Selain itu, juga akan dilakukan pemilihan duta DAD Kalteng.
Lomba olahraga dan tradsional Dayak ini dilaksanakan mulai 24/8/2017 hingga berakhir 26 Agustus. Pendaftaran di Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng. Dan hanya panjat pinang yang dilaksanakan besok, tanggal 25 Agustus 2017, terang salah satu unsur Wakil Ketua DAD Kalteng, Guntur Talajan yang juga Kepala Disbudpar.
Panggung rakyat puncaknya pada 26 Agustus 2017 di Bundaran Besar. Sedikitnya ada empat artis Ibukota yang akan didatangkan untuk memeriahkan pesta rakyat ini, yaitu Uci Sucita dan Iis Dahlia. Masih ditambah band papan atas, yaitu Hijau Daun, jebolan Dangdut Indosiar dan artis muda berbakat dari Kalteng Daniel Nuhan dengan permainan kecapinya, dan diisi dengan berbagai persembahan tari tadisional dayak dan padua suara serta penampilan Duta DAD Kalteng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar